Tingkatkan Pengelolaan Air Limbah Domestik, PAL D Banjarmasin Bersama IWK Malaysia Gelar Sosialisasi | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 07 Desember 2023

Tingkatkan Pengelolaan Air Limbah Domestik, PAL D Banjarmasin Bersama IWK Malaysia Gelar Sosialisasi

BERITABANJARMASIN.COM - PAL D Banjarmasin bersama Indah Water Konsortium (IWK) Malaysia gelar sosialisasi di Gang Nyiur, Jalan Keramat Banjarmasin Timur, Kamis (7/12/2023).

Giat yang dihadiri langsung warga Gang Nyiur, diharapkan bisa memberi pengetahuan tentang pentingnya pengelolaan air limbah domestik.

Direktur Pengelola Air Limbah Domestik (PAL D) Kota Banjarmasin, Endang Waryono mengatakan dari hasil evaluasi kerjasama ditahun kedua itu
menjadi acuan pihaknya untuk terus meningkatkan layanan pengelolaan air limbah. "Kapasitas building ditingkatkan, segi teknis dan lainnya," ujar ia.

Endang juga menyampaikan bahwa Banjarmasin menjadi satu-satunya kota di Indonesia yang terpilih bisa menjalin kerja sama dari sekian negara lain seperti Nepal, India dan Bangladesh yang mengajukan proposal.

"Sudah seharusnya warga Kota Banjarmasin bersyukur terpilih jadi salah satu diberi bantuan dan itu harus disikapi dengan mindset yang harus menerima akan pentingnya sanitasi," paparnya.

Terlebih program tersebut juga merupakan salah satu upaya penanganan sanitasi untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.

Terutama penanganan stunting yang saat ini menjadi perhatian nasional, untuk menekan laju angka stunting sesuai standar.

Sementara itu, Perwakilan IWK, Fahmi membeberkan bahwa pemberian edukasi dan sosialisasi kepada warga yang menjadi tujuan program itu akan dilakukan selama tiga hari.

"Kami berharap kedatangan kami bisa diterima dan di dukung warga Kampung Hijau dan Kampung Biru," kata ia.

Sebelumnya Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina mengatakan, program kerja sama itu lebih mengubah kebiasaan warga bantaran sungai untuk tidak membuang sampah sembarangan dan kebiasaan buruk lainnya melalui sosialisasi serta edukasi yang dilakukan.

Ia pun berharap hasil dari kerja sama itu bisa meningkatkan SDM dalam aspek penyesuaian (standardisasi) pengelolaan serta pelayanan air limbah dan air bersih di Kota Seribu Sungai.

"Mudah-mudahan Perumda PALD kita bisa menjadi yang terbaik di Indonesia dalam tata kelola air limbah," tutupnya. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner